Foto bersama (kiri – kanan) Prof. Dr. Eng. Adi Maulana ST., M.Phil (Kapuslitbang Kebencanaan Unhas), Yolak, SE., MM (Direktur Peningkatan Sosial, Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB), H. Amran, SE (Wakil Bupati Wajo), Ir. Rifai, M.B.A (Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB), Andi Sudirman Sulaiman, ST (Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan), H. ABD. RAUF, S.Sos, M.Si (Wakil Bupati Gowa), Shahrani, S.Ip (Plt.Kepala Pelaksana BPBD Soppeng), Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D (Wakil Rektor 4 Universitas Hasanuddin) dan Ir. H. Ni’mal Lahamang, M.Si (Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan)

 

Makassar, 11 November 2020 – Universitas Hasanuddin dalam hal ini melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Studi Kebencanaan yang berkerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penyerahan bantuan stimulan pendampingan ekonomi pasca bencana alam yang terjadi di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Andi Sudirman Sulaiman dilaksanakan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Makassar. Selain Wakil Gubernur SUL-SEL, kegiatan ini dihadiri pula Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Ir. Rifai, MBA.

Bantuan stimulan yang diserahkan berupa alat-alat penunjang penigkatan ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada daerah terdampak bencana. Sebelumnya tim PE Unhas bekerjasama dengan BPBD dan beberapa dinas terkait telah melakukan pendampingan dan survey lapangan sebelum menentukan jenis bantuan yang di berikan.

Bantuan stimulan yang diserahkan di Baruga Karaeng Pattingalloang secara simbolis di berikan oleh BNPB kepada Pemerintah Sulawesi Selatan yang selanjutkan akan didistribusikan secara merata melalui BPBD daerah terkait untuk diserahkan kepada Kelompok Masyarakat yang telah di tetapkan sebagai penerima bantuan.

Badan Nasional Penaggulangan Bencana melalui Universitas Hasanuddin dalam hal ini Puslitbang Studi Kebencaan Unhas telah melakukan kegitan ini selama 3 bulan tehitung sejak awal peninjauan lapangan hingga penyerahan bantuan stimulan. Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tepat guna sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.